Menggunakan Bitly untuk Menarik Konsumen & Meningkatkan Penjualan [ Bagian Kedua ]

Menggunakan Bitly untuk Menarik Konsumen & Meningkatkan Penjualan [ Bagian Kedua ]

Pada bagian pertama, saya sudah menjelaskan tentang kelebihan menggunakan Bitly sebagai shortener URL dan juga bagaimana memanfaatkan shorten URL untuk menarik konsumen dan meningkatkan penjualan.

Jika Anda ingin sekedar memperpendek URL menggunakan Bitly, maka tinggal langsung masukkan URL yang Anda ingin pendekkan ke dalam kotak putih “SHORTEN” seperti gambar di bawah ini :

Menggunakan Bitly untuk Menarik Konsumen & Meningkatkan Penjualan [ Bagian Kedua ]

Dan ketika Anda memasukkan URL yang ingin dipendekkan ke dalam kotak putih “SHORTEN” tersebut, maka secara otomatis akan langsung dibuatkan shorten URL-nya.

Dalam gambar di atas, saya mengambil contoh ingin memendekkan URL “https://www.tokopedia.com/olabazaar/note/571311/referral-program” dan begitu dimasukkan maka langsung dibuatkan shorten URL-nya menjadi “http://bit.ly/2mQbVVX“.

Dalam postingan ini, saya akan membahas bagaimana cara menggunakan Bit.Ly untuk bukan sekedar untuk memperpendek URL melainkan juga membuat subfolder sesuai dengan nama yang kita inginkan, seperti misalnya saya mengubah URL “http://member.daftarsb1m.net/aff/go/maxsahuleka?i=38” menjadi “http://bit.ly/realitaspolitik“. Gimana ? Menarik kan ?

 

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mendaftar.  Silahkan klik link http://bit.ly untuk mengunjungi Shorten URL Bit.Ly. Dan Anda akan masuk ke situs Bitly seperti gambar di atas. Selanjutnya, silahkan klik “SIGN UP” yang ada di sisi kanan atas !

Ada beberapa pilihan untuk mendaftar / “sign up”, yaitu dengan melalui facebook, twitter atau e-mail.

Jika Anda “sign up” via facebook dan Anda belum login ke facebook Anda, maka akan tampil gambar seperti di bawah ini.

Setelah Anda “sign up”, baik melalui facebook, twitter maupun e-mail, maka Anda akan masuk ke dalam shorten URL Bitly seperti gambar di bawah ini :

Setelah masuk ke dalam shorten URL Bitly, silahkan klik “START CREATING BITLINKS“. Jika Anda meng-close (menutup) kotak putih “WELCOME BACK“, maka akan menjadi seperti gambar di bawah ini.

Selanjutnya, silahkan klik “CREATE BITLINK” yang ada di sebelah kanan atas dalam kotak berwarna orange. Jika sudah, maka akan tampil di sisi kanan, kotak seperti gambar di bawah ini :

Selanjutnya masukkan ke dalam kotak putih “PASTE LONG URL”, URL yang ingin Anda pendekkan, seperti contoh yang ada dalam gambar di bawah ini :

Setelah memasukkan long URL atau URL yang mau dipendekkan atau mau menggunakan nama bit.ly, kemudian klik “CREATE” atau tekan “ENTER”, maka akan langsung jadi shorten URL-nya seperti contoh pada gambar di bawah ini :

Maka URL “http://member.daftarsb1m.net/aff/go/maxsahuleka?i=1” telah berubah atau dipendekkan menjadi “http://bit.ly/2iDAAbE” sebagaimana dapat dlihat pada gambar di atas.

Lalu bagaimana jika saya mau mengganti URL “http://bit.ly/2iDAAbE” menjadi dengan nama subfolder yang saya inginkan ? Maka tinggal ganti “2iDAAbE” dengan nama subfolder yang kita ingin, misalnya “internetmarketing” seperti contoh pada gambar di bawah ini :

Jika nama subfolder “internetmarketing” sudah ada yang menggunakan, maka akan muncul komentar yang diberi warna merah “This Custom Bitlink is taken” seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini :

Jika nama subfolder sudah ada yang menggunakan, maka carilah nama subfolder lain sampai mendapatkan nama subfolder yang belum ada yang menggunakannya.

Jika berhasil, maka akan muncul kotak komentar “BITLINK HAS BEEN EDITED” seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas.

Nah, kini saya sudah memilki shorten URL. Jadi, kini saya sudah bisa menggunakan URL “http://bit.ly/superinternetmarketer” di mana jika URL tersebut diklik maka akan menuju ke URL “http://member.daftarsb1m.net/aff/go/maxsahuleka?i=1

Anda dapat memanfaatkan Bit.Ly atau shortener URL lainnya bukan hanya untuk memperpendek URL panjang yang Anda punya, melainkan juga untuk membuat “jebakan batman” atau “jebakan offside”, seperti contoh yang saya buat pada postingan saya di Facebook sebagaimana yang dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini :

Dalam postingan Facebook yang tampak di atas, saya menggunakan shorten URL “http://bit.ly/realitaspolitik” pada postingan-postingan yang saya buat tentang politik untuk menunjukkan seolah-olah URL tersebut adalah URL yang akan membawa kepada situs tentang berita atau analisa politik, namun jika diklik maka akan menuju postingan atau iklan yang memang kita tujukan.

Semoga artikel ini bermanfaat. Bagi yang tertarik dengan internet marketing dan ingin memperoleh FREE TUTORIAL (TUTORIAL GRATIS), silahkan isi form dengan mengklik gambar di bawah ini atau link berikut ini : http://superinternetmarketer.com/register.

Salam Super Sukses dan Bahagia,

Max Hendrian Sahuleka

Super Internet Marketer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!