Bagaimana caranya membuat subdomain ?

Bagaimana caranya membuat subdomain di cpanel ?

 

Bagaimana Caranya Membuat Subdomain ?

Dalam postingan saya yang sebelumnya, saya telah membahas tentang mengapa saya lebih memilih membuat subdomain daripada membuat domain baru atau subdirectory. Silahkan lihat pada artikel saya yang berjudul “Membuat Domain Baru, Subdomain, atau Subdirectory ?”Dalam artikel atau tutorial yang saya buat ini, saya akan menjelaskan bagaimana caranya membuat subdomain.

Langkah pertama, silahkan masuk ke cpanel website Anda, caranya tinggal menambahkan “/cpanel” di belakang domain atau url website Anda. Misalnya, alamat website saya adalah http://superinternetmarketer.com, maka saya tinggal mengetik http://superinternetmarketer.com/cpanel, kemudian Anda akan menuju ke halaman seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

Bagaimana caranya membuat subdomain ?

Kemudian masukkan username dan password untuk masuk ke dalam cpanel website Anda. Jika Anda lupa username dan password, Anda dapat mengeceknya pada email yang Anda daftarkan pada saat membeli domain dan hosting Anda di jasa penyedia domain dan hosting yang Anda gunakan.

Jika Anda sudah masukkan username dan password untuk masuk ke dalam cpanel Anda dengan benar, maka selanjutnya Anda akan masuk menuju halaman cpanel. Selanjutnya tinggal cari pada bagian “domains” dan kemudian klik “subdomain” seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

Bagaimana caranya membuat subdomain ?

Setelah Anda mengklik “subdomains” pada cpanel Anda, maka akan menuju halaman “subdomains” seperti gambar di bawah ini. Dan selanjutnya, tinggal masukkan nama subdomain yang ingin Anda buat di depan maindomain (domain utama) Anda. Sebagai contoh, domain utama saya adalah http://superinternetmarketer.com, dan saya ingin membuat website baru tentang ebook dengan menggunakan subdomain, maka saya memasukkan kata “ebook” ke dalam kolom “subdomain” sebagaimana yang dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Bagaimana caranya membuat subdomain ? Bagaimana caranya membuat subdomain ?

Setelah Anda memasukkan nama subdomain yang anda inginkan di depan nama maindomain (domain utama) Anda, maka klik “CREATE”, maka pada “Document Root” akan muncul url untuk website Anda yang baru dengan menggunakan subdomain pada maindomain (domain utama) yang Anda miliki seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

Bagaimana caranya membuat subdomain ?

Selesailah sudah Anda membuat subdomain pada maindomain untuk website Anda yang baru. Dan Anda dapat lihat pada bagian bawahnya pada “Modify a Subdomain“, subdomain yang Anda buat akan muncul pada kolom seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

Bagaimana caranya membuat subdomain ?

Jika Anda ingin mengedit nama subdomain yang sudah Anda buat, Anda tinggal mengklik gambar pensil pada kolom “Document Root“. Jika Anda ingin menghapusnya, tinggal klik “Remove“. Dan jika Anda ingin me-redirect url subdomain Anda tersebut, Anda tinggal klik “Manage Redirection“.

Nah gimana, mudah kan membuat subdomain ? 

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kita semua. Amiin.

Btw, jika ingin memperoleh artikel-artikel atau tutorial-tutorial gratis via e-mail, rekan-rekan dapat mengisi form dengan mengklik link http://superinternetmarketer.com/register atau mengklik gambar di bawah ini.

Salam Sukses Bahagia,

Super Internet Marketer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!