Bagaimana Caranya Membuat Menu Navigasi Di WordPress (1)

Bagaimana Caranya Membuat Menu Navigasi Di WordPress (1)

Bagaimana Caranya Membuat Menu Navigasi Di WordPress (1)

Salah satu aspek penting yang perlu Anda perhatikan dalam membuat website adalah menu navigasi seperti gambar di atas yang berada dalam kotak merah. Sebuah website yang baik akan membuat menu navigasi baik. Menu navigasi seperti daftar isi dalam sebuah buku yang akan mampu memberikan gambaran besar tentang isi sebuah buku. Demikian halnya juga menu navigasi, ia akan mampu memberikan gambaran besar tentang kontain (isi) dari website yang Anda buat.

Menu navigasi memungkinan kamu untuk memberikan struktur website yang mudah untuk pengunjung website kamu. Menu navigasi sangat membantu para pengguna menemukan informasi dan penelusuran yang sesuai menu yang di sajikan oleh situs kamu karena menu navigasi tersebut digunakan untuk mempermudah atau menggarahkan para pengunjung untuk menjelajahi website.

Seandainnya kamu tidak membuat menu pada website kamu, dan para pengunjung website kamu pun pergi karena sulit menemukan artikel yang mereka cari di website kamu.

Menu navigasi sangat penting sekali itulah mengapa menu navigasi kebanyakan ditempatkan pada header tema wordpress. WordPress mendukung beberapa pilihan untuk menempatkan menu navigasi tergantung pilihan tema mana yang akan digunakan sesuai tema yang mendukung dan menggambarkan website Anda secara keseluruhan.

Mengenai menu navigasi, ada 2 bentuk dilihat dari fungsinya, yaitu :

1. Custom Link

Menu navigasi yang menggunakan “custom link” akan mengantarkan kita kepada halaman atau postingan tertentu atau website lain ketika menu tersebut diklik.

Misalnya saja pada menu navigasi website yang saya buat, http://superinternetmarketer.com, jika menu “EBOOK” diklik maka akan membawa Anda kepada website lain, dan dalam hal ini adalah http://ebook.superinternetmarketer.com. Dan hal ini dapat dilihat pada bagian kiri bawah di mana ketika kursor menuju sebuah menu navigasi maka akan muncul link navigasi yang akan mengantarkan kita kepada link tersebut. Atau, jika Anda mengklik “HOME“, maka akan diantarkan kepada landing page yang saya buat, “http://superinternetmarketer.com/home“.

2.  Categories

Menu navigasi yang menggunakan “categories” akan mengantarkan kita kepada postingan-postingan yang disimpan dengan menggunakan kategori yang sama. Misalnya saja, jika Anda mengklik “TUTORIAL” pada menu navigasi website saya, “http://superinternetmarketer.com“, maka akan menuju pada postingan-postingan yang disimpan dalam kategori “TUTORIAL“.

Dalam postingan berikutnya, saya akan menjelaskan bagaimana membuat menu navigasi, baik dengan menggunakan “Custom Link” maupun “Categories“. Semoga artikel / postingan ini bermanfaat dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kita semua. Amiin.

Btw, jika ingin memperoleh artikel-artikel atau tutorial-tutorial gratis via e-mail, rekan-rekan dapat mengisi form dengan mengklik link http://superinternetmarketer.com/register atau mengklik gambar di bawah ini.

Salam Sukses Bahagia,

Super Internet Marketer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!