Bagaimana Memasukkan Video Youtube ke Dalam Postingan di WordPress (2)

Bagaimana Memasukkan Youtube ke Dalam Postingan di WordPress (2)

Pada artikel / tutorial yang saya buat sebelumnya, “Bagaimana Memasukkan Video Youtube ke Dalam Postingan di WordPress (1)”, bahwasannya ada 2 cara memasukkan video youtube ke dalam postingan, yaitu “Insert URL” dan “Embed Code“. Dan pada postingan sebelumnya saya telah membahas cara yang pertama, yaitu bagaimana memasukkan video youtube dengan “Insert URL“.

Nah, pada atikel / tutorial ini, saya akan membahas bagaimana cara memasukkan youtube ke dalam postingan dengan memasukkan embed code.

Silahkan masuk ke youtube terlebih dahulu dan kemudian pilih video youtube yang ingin Anda masukkan ke dalam postingan serta ingin diletakkan pada bagian mana.

Bagaimana Memasukkan Youtube ke Dalam Postingan di WordPress (2)

Misalnya saja, saya ingin memasukkan video youtube di atas ke dalam postingan. Ketika kita membuka sebuah video youtube, maka pada bagian bawah video youtube tersebut, tepatnya di bawah judul video youtube tersebut, ada tombol “Share” sebagaimana yang tampak pada gambar di atas. Silahkan diklik tombol “Share” tersebut !

Bagaimana Memasukkan Youtube ke Dalam Postingan di WordPress (2)

Ketika tombol “Share” diklik maka akan muncul pilihan “Share“, ” Embed” dan “Email” seperti tampak pada gambar di atas. Kemudian silahkan klik “Embed“.

Bagaimana Memasukkan Video Youtube ke Dalam Postingan di WordPress (2)

Setelah Anda mengklik “Embed“, maka akan muncul “Embed Code” (Kode Embed) sebagaimana yang tampak pada gambar di atas yang berada dalam kotak dan diblok berwarna biru. Kemudian Anda copy embed code tersebut (CTR + C).

Selanjutnya, silahkan Anda klik tombol “Text” (yang telah saya beri kotak warna merah) yang ada di sebelah “Visual” yang ada di sebelah kanan “Menu” sebagaimana yang tampak pada gambar di bawah ini.

Bagaimana Memasukkan Video Youtube ke Dalam Postingan di WordPress (2)

 

Setelah Anda mengklik “Text“, maka semua ketikan postingan Anda akan berubah menjadi menjadi bahasa pemrograman seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

Bagaimana Memasukkan Video Youtube ke Dalam Postingan di WordPress (2)

Kemudian, silahkan Anda masukkan “Embed Code” yang telah dicopy tersebut ke dalam bagian mana Anda ingin meletakkan video youtube tersebut. Misalnya saja, saya ingin meletakkan video youtube yang saya contohkan untuk diletakkan di bawah paragraf tulisan ini. Maka tinggal letakkan “Embed Code” tersebut di bawah paragraf tulisan ini sebagaimana yang tampak pada gambar di bawah ini.

Bagaimana Memasukkan Video Youtube ke Dalam Postingan di WordPress (2)

Jika Anda sudah memasukkan “Embed Code” pada posisi yang Anda inginkan pada postingan Anda, silahkan Anda klik lagi “Visual” untuk melihat hasilnya. Dan di bawah ini adalah hasilnya.

Nah gimana, mudahkan ? Lalu manakah yang sebaiknya Anda pilih untuk memasukkan youtube ke dalam postingan ? Yang pasti masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kekurangan memasukkan youtube ke dalam postingan dengan cara memasukkan “Embed Code” mungkin agak lebih ribet. Meskipun mungkin bagi yang sudah terbiasa maka ini merupakan hal yang biasa. Namun kelebihannya adalah lebih dapat memodifikasi tampilannya. Misalnya, ketika kita memutar video youtube pada postingan kita tersebut maka akan muncul kata “YOUTUBE” pada bagian sebelah kanan bawah seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

Bagaimana Memasukkan Video Youtube ke Dalam Postingan di WordPress (2)

Selain itu, pada akhir video youtube yang kita pasang pada postingan, kita akan dapat melihat juga video-video terkait lainnya atau yang dianggap sama atau yang direkomendasikan sebagaimana yang tampak pada gambar di bawah ini.

Munculnya video-video lain yang direkomendasikan pada saat video yang kita pasang tersebut tentunya akan merugikan kita. Pertama, para kompetitor menjadi muncul pada postingan kita secara tidak langsung. Kedua, video yang muncul menjadi tampak kurang profesional.

Nah, jika kita memasukkan video youtube dengan menggunakan “Embed Code“, maka kita dapat menghilangkan kata “YOUTUBE” pada bagian kanan bawah tersebut. Dan kita juga dapat menghilangkan menghilangkan / menghapus video-video lain yang direkomendasikan sehingga video youtube yang kita pasang menjadi tampak jauh lebih profesional sebagaimana yang bisa dapat Anda lihat pada video youtube yang saya pasang / masukkan di bawah ini.

Nah, bagaimana caranya menghapus kata “YOUTUBE” pada video youtube yang kita masukkan dalam postingan yang kita buat dan bagaimana caranya menghapus video-video terkait lainnya yang direkomendasikan ?

Mengenai hal di atas akan saya jelaskan dalam artikel / tutorial selanjutnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kita semua. Amiin.

Btw, jika ingin memperoleh artikel-artikel atau tutorial-tutorial gratis via e-mail, rekan-rekan dapat mengisi form dengan mengklik link http://superinternetmarketer.com/register atau mengklik gambar di bawah ini.

Salam Sukses Bahagia,

Super Internet Marketer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!