Bagaimana Memasukkan Video Youtube ke Dalam Postingan di WordPress (1)

Salah satu cara untuk membuat postingan menjadi menarik adalah dengan memasukkan video youtube ke dalam postingan kita, terlebih lagi jika postingan tersebut tentang sebuah produk dan video youtube tersebut merupakan demo dan penjelasan tentang produk tersebut.

Nah dalam postingan ini, saya akan membahas tentang bagaimana memasukkan video youtube ke dalam postingan yang kita buat.

Ada 2 cara untuk memasukkan video youtube ke dalam postingan yang kita buat. Dan dalam postingan ini, saya akan membahas cara yang pertama.

Langkah pertama silahkan klik tombol “Insert” pada navigasi menu di atas dan kemudian pilih “Add Media“, seperti yang tampak  dalam gambar di bawah ini.

Bagaimana Memasukkan Video Youtube ke Dalam Postingan (1)

Setelah Anda mengklik “Add Media” maka akan muncul “pop up” seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

Bagaimana Memasukkan Video Youtube ke Dalam Postingan (1)

Kemudian klik “Insert from URL” pada menu yang ada di sidebar sebelah kiri baris paling bawah. Dan setelah mengklik “Insert from URL” maka akan tampak gambar seperti ini :

Bagaimana Memasukkan Video Youtube ke Dalam Postingan (1)

Nah, langkah selanjutnya, tinggal masukkan URL yang ingin Anda masukkan ke dalam postingan Anda. Silahkan Anda cari video youtube yang ingin Anda masukkan terlebih dahulu.

Bagaimana Memasukkan Video Youtube ke Dalam Postingan (1)

Misalnya saja, saya ingin memasukkan video youtube di atas, maka ambil / copas (copy paste) address atau URL Link yang ada pada bagian paling atas yang biasa kita gunakan untuk mengetik address atau URL Link yang ingiin kita tuju. Dalam hal ini, URL Link di atas adalah https://www.youtube.com/watch?v=crQ1mkFo9Qk.

Kemudian masukkan URL Link video youtube yang ingin masukkan ke dalam postingan kita ke dalam kolom “http” atau “https” yang berada di bawah teks “Insert from URL” sebagaimana yang tampak pada gambar di bawah ini.

Bagaimana Memasukkan Video Youtube ke Dalam Postingan (1)

Setalah kita memasukkan address atau URL, maka akan otomatis juga akan muncul video youtube yang ingin kita masukkan ke dalam postingan kita. Dan selanjutnya, tinggal klik “Insert into post” yang ada pada bagian kanan bawah yang ada dalam kotak berwarna biru sebagaimana yang tampak pada gambar di atas.

Maka selesailah sudah dan video youtube yang ingin kita masukkan ke dalam postingan kita kini sudah masuk ke dalam postingan yang kita buat. Bagaimana ? Mudah kan ?

Ini adalah salah satu cara untuk memasukkan video youtube ke dalam postingan yang kita buat. Saya menamakan cara ini adalah “Insert URL“, sedangkan cara yang kedua yang akan dijelaskan dalam postingan selanjutnya adalah “Embed Code“.

Apa kelebihan dan kekurangan dari cara yang pertama ini ?

Kelebihan cara yang pertama ini, “Insert URL“, adalah lebih mudah dan cepat. Sedangkan kekurangannya adalah tidak bisa memodifikasi tampilan video youtube yang ada dalam postingan agar tampak lebih profesional, misalnya saja, bagaimana menghilangkan tulisan “YOUTUBE” yang ada di bagian kanan bawah sehingga mengesankan bahwa video yang kita masukkan bukanlah berasal dari youtube, melainkan dari website kita secara langsung.

Mengenai bagaimana menghilangkan tulisan “YOUTUBE” yang ada di bagian kanan bawah ini akan dijelaskan dalam postingan selanjutnya.

Semoga artikel/tutorial ini bermanfaat dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kita semua. Amiin.

Btw, jika ingin memperoleh artikel-artikel atau tutorial-tutorial gratis via e-mail, rekan-rekan dapat mengisi form dengan mengklik link http://superinternetmarketer.com/register atau mengklik gambar di bawah ini.

Salam Sukses Bahagia,

Super Internet Marketer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!