Membuat Domain Baru, Subdomain atau Subdirectory ?

Membuat Domain Baru, Subdomain atau Subdirectory ?

 

Membuat Domain Baru, Subdomain atau Subdirectory ?

Ketika Anda sudah memiliki sebuah website dan kemudian ingin membuat website lagi, ada 3 pilihan yang dapat Anda lakukan, yaitu :

  1.  Membuat (membeli) domain baru
  2.  Membuat subdomain
  3.  Membuat subdirectory / subfolder

Dan pertanyaan inilah yang seringkali diajukan ke saya terkait dengan website “GUDANG BUKU” yang saya buat dengan menggunakan subdomain pada url http://ebook.superinternetmarketer.com, kapan sebaiknya menggunakan atau membuat domain baru, subdomain atau subdirectory ?

Jika Anda merasa sebuah domain yang telah Anda miliki sudah sangat kuat (branded) dan Anda berkeinginan bahwa membuat website baru tersebut adalah untuk memperkuat domain yang sudah Anda miliki tersebut, maka Anda dapat memilih subdomain atau subdirectory.

Apa bedanya antara subdomain dengan subdirectory ?

Beda utamanya adalah pada penempatannya. Pada subdomain, nama website baru yang ingin dibuat ditempatkan di depan sebelum domain utama. Sedangkan pada subdirectory, nama website ditempatkan di belakang domain utama.

Membuat Domain Baru, Subdomain atau Subdirectory ?

 

Sebagai contoh, saya memiliki website dengan nama domain http://superinternetmarketer.com yang saya tujukan untuk menunjukkan identitas saya sebagai internetmarketer serta membangun dan mengembangkan bisnis saya dalam bidang internet marketing, dan kemudian saya ingin membuat website baru yang diperuntukkan untuk tempat menaruh kolek-koleksi ebook yang saya miliki serta tempat diskusi buku, maka saya membuat subdomain http://ebook.superinternetmarketer.com. Jika saya menggunakan subdirectory/subfolder, maka akan menjadi http://superinternetmarketer.com/ebook.

Lalu mengapa saya lebih memilih menggunakan subdomain ?

Hal ini karena saya ingin mmperkuat domain utama saya yaitu http://superinternetmarketer.com, atau dengan kata lain saya ingin memperkuat identitas saya sebagai superinternetmarketer. Saya berharap ketika seseorang mengunjungi http://ebook.superinternetmarketer.com atau yang saya namakan “GUDANG EBOOK” maka ia akan mau membuka domain utama saya yaitu http://superinternetmarketer.com.

Lalu mengapa tidak menggunakan subdirectory ?

Penggunaan subdirectory akan lebih tepat jika website baru Anda tersebut masih dinilai terkait erat dengan domain utamanya. Namun jika Anda merasa bahwa kontain website Anda yang baru tersebut adalah berbeda sama sekali dari domain utamanya dan Anda memang ingin lebih menonjolkan kontain yang berbeda tersebut maka alangkah baiknya menggunakan subdomain.

Dalam url http://ebook.superinternetmarketer.com, saya ingin menonjolkan atau mengedepankan identitas ebook-nya. Dari nama subdomain ini, jelas bahwa nama ini menunjukkan website khusus tentang ebook.

Jika saya menggunakan subdirector, maka kesan bahwa website yang ingin saya bangun tersebut khusus tentang ebook akan kurang kuat. Bisa saja ketika saya menggunakan subdirectory sehingga url-nya menjadi http://superinternetmarketer.com/ebook, maka kesan yang didapat bahwa url tersebut seperti merujuk judul sebuah postingan pada domain utama Anda tersebut. Jika tidak percaya, buatlah artikel dengan judul “EBOOK” maka pasti nanti nama url atau permalink yang dibuatkan secara otomatis adalah http://superinternetmarketer.com/ebook.

Nah gimana, sudah tidak bingung lagi kan kapan sebaiknya membuat domain baru, subdomain atau subdirectory ? Kapan kita mungkin tepatnya menggunakan subdomain, subdirectory, atau nama domain baru untuk website yang kita buat ?

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kita semua. Amiin.

Btw, jika ingin memperoleh artikel-artikel atau tutorial-tutorial gratis via e-mail, rekan-rekan dapat mengisi form dengan mengklik link http://superinternetmarketer.com/register atau mengklik gambar di bawah ini.

Salam Sukses Bahagia,

Super Internet Marketer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!